Otomotif

Toyota Fortuner Mobil Favorit Masyarakat Indonesia

Toyota Fortuner adalah salah satu tipe mobil yang diproduksi oleh Toyota, perusahaan otomotif asal Jepang. Toyota fortuner ini termasuk kedalam jenis mobil SUV atau yang biasa disebut juga dengan (Sport Utility Vehicle), atau juga dikenal sebagai kendaraan utilitas sport jika diartikan secara bebas dalam Bahasa Indonesia.

Mobil yang satu ini juga termasuk jenis SUV, yang mana mobil ini memiliki performa yang baik untuk berjalanan di jalanan terjal dan berbatu, apalagi jalanan kota. Performa inilah yang dapat membuat mobil fortuner ini menjadi salah satu jenis mobil favorit bagi masyarakat Indonesia.

Terlebih kegemaran masyarakat Indonesia dalam berwisata di daerah pegunungan untuk melepaskan penat setelah berbulan-bulan bekerja. Kebutuhan mesin yang kuat dan mampu menempuh medan berat seperti di pegunungan dan perbukitan menjadi alasan mengapa masyarakat Indonesia perlu memilih mobil tipe yang satu ini. 

Bagaimana Kelengkapan dari Mobil Toyota Fortuner Itu Sendiri ?

 

Perlu diketahui bahwa Toyota itu sendiri mempersembahkan mesin baru pada generasi terbaru Fortuner. Di tipe All New Fortuner mesin bensin 2.700cc menggunakan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 163 Ps/3.400 rpm dengan torsi sebesar 24,7 kgm/4000 rpm.

Sedangkan pada New Fortuner tipe G dan VRZ, mesin yang digunakan merupakan mesin diesel 2.400 cc dengan Variable Noozle Turbo. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga sebesar 149 ps/3.400 rpm dan torsi sebesar 40,8 kgm pada 1.600 hingga 2.000 rpm.

Toyota Fortuner tipe G ini dihargai oleh Toyota dengan harga mulai dari Rp. 493 juta. Toyota Fortuner tipe G ini tampil fresh dengan fitur dan tampilan baru yang diberikan, seperti desain LED Fog baru, warna dashboard baru, SRS airbag berjumlah 7, dan adanya fitur Hill Start Assist (HSA) serta Easy 4×4 Switch.

Sedangkan untuk mobil jenis lain dengan Fortuner tipe VRZ berada di kisaran harga mulai Rp. 539,1 juta dengan pembaruan di segi fitur dan desain.

Awal Fortuner Masuk Indonesia

Awalnya, Toyota Fortuner menggunakan platform International Multi-Function Vehicle (IMV) global yang adalah gabungan dari platform Toyota Kijang Innova dan Hilux Vigo yang digunakan pada generasi pertama Fortuner. Setelah SUV besar pertama masuk ke Indonesia, statusnya masih CBU yang diimpor dari Thailand atau disebut Completely Up. Fortuner generasi pertama ini memang laris di Indonesia.

Pada tahun 2005 saat Fortuner pertama hadir ke pasar Indonesia, ia dibekali mesin bensin 2TR-FE dan tersedia dua pilihan. Ada catu daya 2,7 G dan 2,7 V, dan tenaganya adalah 161 hp. Saat itu, Fortuner juga menggunakan penggerak 4×4.

Fortuner Tahun 2007

Toyota telah menambahkan opsi mesin pada Fortuner yaitu mesin diesel 2KD-FTV 2.5G untuk transmisi manual. Mesin diesel Fortuner juga sama dengan diesel Innova yaitu sistem common rail.

Fortuner Tahun 2009 dan 2010

Di tahun 2009, Toyota menambahkan opsi transmisi otomatis ke model mesin dieselnya. Tak lama kemudian, dilaporkan bahwa pabrik Toyota Bangkok tutup pertengahan 2010. Kemudian Toyota Indonesia mulai mengembangkan Fortuner untuk bensin. Mesin diesel masih diproduksi di Thailand. Varian diesel ini disambut masyarakat karena lebih bertenaga. Sangat cocok untuk daerah perkebunan, perbukitan, dan pertambangan.

Fortuner Tahun 2012

Tujuh tahun setelah Fortuner pertama diluncurkan di Indonesia, generasi kedua diberitakan secara luas. Hal tersebut tentunya yang diharapkan oleh para penggemar Fortuner. Tidak sabar untuk menempatkan orang yang beruntung itu dalam keadaan “baru”. Sayangnya, pada 2012 Toyota hanya menampilkan Fortuner dalam bentuk modifikasi. Mesin diesel Fortuner versi modifikasi juga dilengkapi dengan turbocharger yang lebih nyaman.

Fortuner Tahun 2016

Tentunya Toyota Fortuner baru yang berikutnya keluar pada tahun 2016 lalu. Wajah Toyota Fortuner generasi kedua cukup berbeda dengan desain yang lebih lengkap. Tidak hanya tidak bisa menghindari perubahan eksternal, internal dan mesin. Memang, perubahan paling kentara adalah ubahan pada lampu kabut, lampu utama depan, dan gril depan.

Berbeda ukuran, Fortuner 2016 memiliki ukuran yang lebih besar 100 mm x 15 mm dengan ground clearance lebih rendah 15 mm. Jarak sumbu roda lebih pendek 5 mm. Penggunaan material inti juga mengalami peningkatan pesat. Interior kulit dipangkas dengan jahitan halus. Bagian kontrol dilengkapi dengan layar besar.

Fungsinya lebih rumit. Sebut saja keseimbangan elektronik, distribusi gaya pengereman darurat, dukungan drift cepat, menuruni bukit, kunci diferensial belakang, dan mode opsional. Sesuai dengan model yang berbeda, ada beberapa jenis alat pacu jantung. Versi V menggunakan mesin 2,7 liter Dual VVT-i dengan output 163,6 hp dan 245 Nm sedangkan Fortuner G menggunakan mesin 2.4L empat silinder dengan tenaga sebesar 147,5 hp dan torsi 400 Nm.

Fortuner Tahun 2020

Pada Fortuner 2021 versi standar dibekali lampu utama dengan LED daytime running lights (DRL) dan grille bumper baru. Lubang ventilasi dihubungkan ke cincin kabut di sisi kanan dan kiri. Di bagian belakang menggunakan LED memiliki mode baru serta menggunakan velg 18 inci. Untuk desain gril Fortuner Legender berbeda yang dibagi menjadi bagian bawah dan atas.

Demikianlah yang dapat dijelaskan mengenai mobil Toyota fortuner yang menjadi favorit bagi masyarkat Indonesia, semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.